Orang Bukittinggi Pencipta Lagu Kebangsaan Singapura


Zubir ZaidMukena Sulam Khas Bukittinggi – Siapa yang tidak tahu Singapura? Negara kecil yang ada di dekat Indonesia dan yang tergabung dalam anggota ASEAN. Singapura menjadi satu-satunya negara maju di ASEAN saat ini.

Walaupun negaranya kecil, namun tingkat pertumbuhan ekonomi di Singapura sangat maju. Bahkan, banyak menarik wisatawan juga untuk datang ke Singapura.

Singapura merdeka pada tahun 1965. Tapi siapa yang tahu bahwa lagu kebangsaan Singapura, “Majulah Singapura”, yang diciptakan pada tahun 1958 ini diciptakan oleh seorang kewarganegaraan Indonesia, yaitu seorang anak Minangkabau.

Tak hanya menciptakan lagu “Majulah Singapura”, tapi juga menciptakan lagu resmi hari Anak Singapura, yaitu “Semoga Bahagia”.

Dialah Zubir Said, seorang anak Minang yang lahir pada tanggal 22 Juli 1907 di Fort de Kock yang sekarang kita kenal dengan nama Bukittinggi.

Zubir telah menyukai dunia musik sejak kecil. Bahkan ia sudah bisa memainkan alat musik seperti suling, gitar, drum, dan alat musik lannya. Yang lebih hebatnya, Zubir belajar semua alat musik itu secara ototdidak, hingga ia mendapat julukan yaitu, komponis dengan Jiwa Melayu Sejati.

Waah jadi bangga ya guys, ciptaan anak bangsa digunakan sebagai lagu nasional negara lain dan dipakai hingga sekarang!

sumber: catatankecilku.net

Tags: , , ,