Inilah Tempat Wisata ‘Goyang Lidah’ di Bukittinggi


Pisang Kapik BukittinggiMukena Sulam Khas Bukittinggi – Bukittinggi boleh terkenal dengan Ngarai Sianok atau Lobang Jepang. Namun bagi traveler pecinta kuliner, jangan lewatkan aneka makanan yang menggoyang lidah di sana. Dari nasi kapau sampai pisang kapik, wajib dicoba!

Ada yang belum kenal dengan Bukittinggi? Kota yang identik dengan icon Jam Gadang-nya ini menyimpan berbagai olahan makanan dengan cita rasa istimewa. Mulai dari makanan padat dan mengenyangkan (nasi dan lauk) hingga berbagai olahan pisang yang tak kalah enak. Mari kita bahas satu persatu.

Kalau sudah berada di Sumatera Barat, tentu bakal mencari yang namanya nasi Padang, karena di daerah inilah semua macam gulai dan hidangan itu berasal. Jika teman-teman traveler mencari nasi padang di Sumatra Barat, percaya deh, tidak bakalan bertemu, karena di sini biasa disebut dengan Rumah Makan saja, tak terkecuali di Bukittinggi.

Memang ada beberapa rumah makan yang di luar Sumatra Barat dikenal dengan Rumah Makan Padang yang juga berdiri di sini, tapi cukup bilang itu sebagai rumah makan saja. Sederhana saja bukan? Lalu, sedikit berbeda dengan nasi di rumah makan pada umumnya, nasi kapau bisa jadi pilihan yang tepat untuk dicoba.

Bedanya dengan nasi di Rumah Makan (Padang) adalah tentu saja rasanya. Pilihan menunya adalah ikan gulai beserta telur ikannya, rendang, tunjang (kulit sapi), tambunsu (berbentuk usus sapi yang diisi campuran telur dan tahu lalu di gulai), ayam bumbu, dan lain-lain. Konon katanya, nasi kapau atau juga dikenal dengan gulai kapau hanya bisa dimasak oleh orang Kapau asli dengan cita rasa khas seperti itu.

Jadi, boleh dimasukkan ke dalam list menu yang wajib di coba ya, tapi ingat, buat yang kolesterolnya tinggi, harap berhati-hati makan nasi kapau. Setelah kenyang dengan nasi, gulai dan teman-temannya, mari kita coba olahan pisang yang tak kalah enak di Bukittinggi. Dua di antaranya adalah pisang kapik dan pisang panggang.

Pisang kapik adalah pisang batu yang dipanggang di atas bara kemudian di pipihkan dengan cara dikapik. Kapik dalam bahasa minang berarti diapit atau dijepit. Pisang yang sudah pipih ditambahkan parutan kelapa yang sudah dicampur gula merah. Manis dan sedap.

Yang terakhir adalah pisang panggang. Kalau dilihat dari kondisi fisik pisang panggang yang sudah siap santap, tidak ada tanda-tanda yang menyatakan kalau pisang itu telah selesai dipanggang. Pisang ini seperti dikukus lalu diletakkan di atas roti kemudian disiram dengan santan manis. Rasanya gurih-gurih nikmat.

Semua kuliner di atas statusnya wajib untuk dicoba ketika sedang berkunjung ke Bukittinggi. Nah, teman-teman traveler mau coba yang mana dulu nih? Silahkan, sesuaikan dengan selera traveler Anda! (sumber: detik.com)

Mampir ke butik mukena.web.id ‘Sulam Khas Bukittinggi’ di :
Surau Lauik Panampuang – Ampek Angkek, Bukittinggi – Agam – Sumbar.
Phone : 081266146422 (Call only) Pin BB : 2BABEABC WA : 082288156983
Kami jemput – antar ke Hotel di ‘Bukittinggi’ ke butik mukena.web.id balik lagi ke hotel ‘FREE’.

Tags: , , , , , ,